Pengikut

Rabu, 31 Januari 2018

Traveler and Beauty Hunter Part 2 (Tokyo)



Im back again Hello Tokiooo  

Perjalanan Ke Jepang kemarin selain membawa banyak cerita perjalanan juga membawa banyak hidden gem berupa makanan, makeup dan skin care haul. Kali ini saya akan share  tentang tempat berburu makeup dan skin care selama di Jepang, produk apa saja yang ada di bucket list dan tax free shopping yang unik di Jepang. Buat saya Jepang adalah perjalanan yang memberi banyak kejutan, it's a way more beautiful than what I ever expected. Selain banyak tempat-tempat yang indah, Jepang memiliki banyak sekali lokal produk skin care dan makeup yang jangan sampai kelewatan.

No wonder banyak banget jasa titip Jepang di online shop, bahkan jika kita melihat di airfrov Jepang memiliki permintaan titipan yang banyak. Untuk post ini saya bahas spesifik di kota Tokyo. Karena saat traveling kemarin jadwal belanja kosmetik banyak di Tokyo, sisanya kami menjelajah tempat dan berwisata.

TOKYU Plaza Ginza.
What's On My List ???
Banyak brand lokal Jepang yang berhasil saya temukan. Berdasarkan pencarian saya sebelum berangkat traveling, saya menemukan banyak skincare dan makeup yang akan saya buru. Untuk perawatan kulit saya mencari : 

1. Sunblock 
Lebih spesifiknya sunblock yang saya cari adalah brand Nivea Sun Creme Care SPF 50 PA++++, Biore Uv Gel Lotion SPF 33 PA+++ dan Anessa. 
2. Masker
 Untuk masker saya sangat penasaran dengan sheet mask Kose cosmeport, Lululun dan Babyish.
3. Facial wash
   Senka Perfect Series, yaitu Perfect Whip dan Perfect Double Wash.
4. Skin Lotion Kikumasume.

Sedangkan untuk Makeup yang masuk dalam list saya adalah :
1.   Flow Fushi - Ion de Cushion
2.  Chacott - loose powder
3.  Fasio - Brow Mascara 
4.  Integrate - (Primer)


Tax Free packaging seal at Matsumoto Kiyoshi.


Shopping Experience
Lain Austalia lain juga pengalaman unik saya di Jepang. Di Jepang ini pengalamannya uniknya adalah  Tax Free saat berbelanja. Jadi Kalau di Jepang kosmetik drugstore juga dapat di klaim Tax Free. Biasanya di negara lain yang bisa di klaim hanya High End Brand kosmetik, nah kalau di Jepang ini berbeda kita dapat klaim produk drugstore yang kita belanjakan, dengan syarat nominal yang di belanjakan minimal berjumlah 5000 yen. Barang yang di klaim tax free di bagi ke 2 golongan yaitu:
  1. Consumable Items (Kosmetik ,Makanan,Minuman, Obat,dll)
  2. General Items (Baju,Sepatu,Tas, Barang Elektronik,dll)
 Barang Consumable dan General tidak dapat digabung saat melakukan klaim proses Tax Free. Jadi barang consumable harus digabung dengan barang consumable lainnya, sebaliknya berlaku sama juga untuk barang general. Jadi misalnya kita belanja di drugstore berupa Makeup, Skincare, Permen, Coklat, setelah total 5000 yen kita dapat mengklaim tax free. Tax Free di  drug store berarti harga barang yang kita bayar sudah langsung dipotong pajak, jadi bentuknya berupa potongan harga. Kemudian setelah proses pembayaran selesai, barang-barang tersebut akan dimasukkan ke dalam plastik bening yang di seal dan tidak boleh digunakan sebelum kita sampai di negara tujuan. Kemudian ada surat bukti bahwa kita melakukan klaim Tax Free, surat tersebut ditempelkan oleh petugas kasir di passport. Tips dari saya barang-barang tax free ini bawa di handbag atau cabin bag jika memungkinkan, karena akan ada random check saat check in di bandara. Kebetulan saat saya kemarin tidak di cek sama sekali hanya di cabut surat bukti tax free dari passport. Tetapi saya lihat kanan kiri saya beberapa ada yang diminta menunjukkan barang tax free yang di klaim.

Matsumoto Kiyoshi perfect place to found your hidden Gem.
 Untuk belanja selain drugstore seperti di Mall, department store ataupun butik, sistemnya adalah adalah Tax Refund yaitu kita membayar penuh di kasir dan uangnya akan di kembalikan di counter Tax Refund. 

TAX FREE = Pajak langsung dipotong saat kita membayar di kasir, jadi harga yang kita bayar sudah tanpa Tax.
TAX REFUND = Membayar full saat di kasir, kemudian uang sejumlah nominal bebas pajak dikembalikan di counter Tax Refund. 

Untuk beberapa mall seperti OIOI Marui, Tokyu Plaza, Mitsukoshi terdapat lantai khusus untuk klaim tax refund, jadi semua orang yang akan mengklaim tax refund dipusatkan di lantai tersebut. Sedangkan di Takashimaya di setiap lantai belanja ada counter untuk Tax Refund. Jadi jangan lupa untuk cek kebijakan masing-masing mall dan department store, petugasnya juga bersedia memberi informasi secara lengkap, and they speak english fluently guys !! so there's no need to worry.
 
Don Quijote is a big massive drugstore (this one at shibuya).
Where To Hunt??? 
Untuk hunting produk drugstore baik untuk makeup ataupun Skincare, dua tempat ini sangat massive. Kenapa massive? Karena tempatnya benar-benar lengkap ada yang 2 lantai bahkan 4 lantai dan semuanya berisi skincare dan makeup, selain itu 2 drugstore ini tersebar dimana-mana bahkan diseluruh Jepang.  Setiap jengkal di Tokyo, seperti Shibuya, Shinjuku, Ginza, Asakusa, Roppongi, Akihabara dan masih banyak daerah lainnya dikuasai oleh dua drugstore besar ini. Dua massive drugstore tersebut adalah Matsumoto Kiyoshi dan Don Quijote. 

Matsumoto Kiyoshi memiliki warna biru kuning dan biasanya tertulis tax free di depan tokonya. Ini adalah surga belanja berbagai Makeup dan Skincare lokal Jepang ataupun international drugstore brand. Mulai dari lokal brand seperti Shiseido, Kose, Flow Fushi, Biore, Senka, Lululun, Hadalabo sampai DHC semua ada disini. Produknya juga dikelompokkan berdasarkan jenisnya, ada tempat khusus sheet mask, sunscreen, cushion bahkan khusus lipstick dan lip tint. Mereka akan membagi lantainya berdasarkan brand. Jadi misalnya lantai pertama untuk  brand dengan low to medium price sedangkan untuk lantai atas untuk brand yang high price. Untuk International brand drugstore ada Loreal dan Maybelline.

Don Quijote storenya memiliki ikon pinguin yang berwarna biru. Di dalam Tokyo terdapat 23 store dan tersebar luas di seluruh daerah di Jepang. Disana selain Kosmetik kalian bisa berburu snack dan barang-barang oleh-oleh lainnya. Untuk Makeup dan Skincare disediakan 2 lantai yang membuat kita bingung  memilih yang mana. Menariknya Don Quijote buka 24 jam, dan apabila kita belanja sangat banyak dan bingung bagaimana cara membawa dan packingnya, belanjaan kita dapat dikirim langsung ke Airport keberangkatan, jadi kita bertemu belanjaan kita lagi saat check-in di airport. so, kita tidak perlu repot untuk menenteng serta packing belanjaan kita, karena packaging dari mereka sudah sangat aman dan rapih. 

Untuk High End Makeup dan Skincare brand kalian bisa hunting di Tokyu Plaza, karena Tokyu Plaza punya duty free yang sangat banyak brandnya dan lengkap produknya. Karena duty free pastinya lebih murah di banding department store lainnya. Mitsukoshi Department Store juga punya high range internasional dan lokal brand yang sangat lengkap, buat kalian yang ingin mencari Bobbi Brown, Giorgio Armany, NARS,Chanel dan high end international brand lainnya Mitsukoshi adalah tempatnya. Bagi yang familiar dengan high end brand dari Jepang yang lagi booming yaitu Koh Gen Do dan juga KANEBO kalian juga bisa menemukannya di Mitsukoshi dan OIOI Marui. Pastikan kalian jangan sampai kelewatan mampir  ke Cosme Store. Cosme adalah online beauty forum di Jepang, kalau di Indonesia seperti Female Daily atau Beauty Journal, mereka membuat peringkat produk berdasarkan dari review-review user. Cosme kemudian membuka offline store yag menjual makeup dan skincare yang berisi produk-produk dengan rating tertinggi di forum mereka. Jadi kalau kalian mampir ke Cosme Store produknya sudah pasti pilihan-pilihan terbaik dari warga lokal di Jepang.

Lebih lengkapnya tentang brand & produk apa saja yang saya rekomendasikan dari Jepang, akan saya share di Next Post.

Have a great days Belle !!

Instagramable entrance Tokyu Plaza Omotesando

Tokyu Plaza Omotesando

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New Post

Menjelajah Jepang di Zaman Edo

Pertanda dimulainya zaman modern di Jepang adalah ketika Zaman Edo / Periode Edo. Zaman Edo Disebut juga dengan Zaman Tokugawa. Karena p...