Menjelajah Jepang di Zaman Edo


Pertanda dimulainya zaman modern di Jepang adalah ketika Zaman Edo / Periode Edo. Zaman Edo Disebut juga dengan Zaman Tokugawa. Karena pada saat itu pimpinan tertinggi/ Shogun bernama Tokugawa Ieyasu. Di zaman inilah Jepang mulai bebas mengeksplorasi kesenian dan budayanya. Para penduduk juga mulai menikmati dan menghargai kesenian dan kebudayaan tersebut. Ditandai juga dengan pertumbuhan perekonomian Di Jepang serta kestabilan populasi. Periode ini terjadi pada tahun 1603-1868.

Saya sering membayangkan seperti apa kira-kira kehidupan di Zaman Edo. Apabila mengengkok ke Kota metropolitan di Jepang seperti Osaka, Tokyo dan Yokohama saya tidak terbayangkan kalau Jepang ternyata masih memiliki banyak peninggalan di masa itu. Salah satu yang saya kunjungi dari peninggalan di Zaman Edo tersebut adalah Edo Wonderland. Terletak di Kota Nikko prefektur Tochigi.


Para pengunjung mulai memenuhi Edo Wonderland.

Saya menuju Nikko dari Stasiun Asakusa di Tokyo,  dengan menggunakan kereta Tobu Railway. Perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam. Stasiun pemberhentian untuk Nikko adalah Kinugawa Onsen. Dari stasiun Kinugawa Onsen tersedia free shuttle bus untuk menuju  Edo Wonderland.
Harga tiket Edo Wonderland untuk dewasa adalah 4.700 yen sedangkan untuk anak usia 12 tahun ke bawah adalah 2.400 yen. 

Tiket Edo Wonderland
Lokasi Edo Wonderland dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat Edo Wonderland semakin menarik untuk di kunjungi. Di pintu masuk kita di sambut oleh para pegawai Edo Wonderland yang berpakaian tradisional asli Jepang. Jangan kaget karena hampir 98 % pegawai di Edo Wonderland ini tidak menguasai bahasa asing. Mereka memang orang-orang dari desa di Jepang yang masih lekat dan paham dengan budaya asli Jepang. Berbeda dengan orang-orang di kota besar yang rata-rata sudah menguasai dan paham bahasa asing. Mereka yang melakukan pertunjukkan disini adalah orang-orang yang memang menguasai ilmunya,  seperti Ninja, Samurai , para pemain theater yang ada di Edo Wonderland adalah mereka yang benar-benar menguasai ilmunya sehingga jangan kaget dengan keahlian yang mereka miliki. 

Di Edo Wonderland anda dapat merasakan seperti apa kehidupan di Zaman Edo, kegiatan yang dilakukan di zaman itu sampai pertunjukkan seni budaya di zaman Edo. Anda dapat mengenal lebih jauh tentang samurai dan pembuatannya, berlatih menggunakan samurai, memanah bahkan anda dapat mengikuti ninja training. Ternyata ninja dan samurai bukan hanya seperti yang kita lihat di televisi tetapi memang ada di zaman Edo bahkan ilmunya dapat dipelajari dan dilatih oleh para orang-orang asli Jepang disini.  Saya sangat takjub melihat samurai dan ninja beraksi di dunia nyata. Anda dapat melihat pertunjukkannya dan saya yakin anda akan terpukau oleh keahlian para ninja dan samurai tersebut. 

Bersama salah satu Ninja setelah Ninja Performances.

Para Pnejaga toko yang berpakaian asli Jepang.
Untuk Pertunjukkan selain Ninja performamce dan Samurai show anda dapat menyaksikan teater drama, sulap dan juga ada bioskop zaman edo untuk menonton film samurai. Ada open air theater yang bernama Hinomi yang ceritanya sangat menarik untuk diikuti. Disetiap pertunjukkan yang kita datangi akan diberi kertas putih, kertas tersebut berguna untuk memberi tips kepada para pemain setelah selesai performance.  Anda juga dapat melihat rumah tradisional di zaman Edo beserta toiletnya, penjara di zaman Edo yang bernama Kodenma tempat para penjahat dihukum, rumah Chosu Daimyo yang megah yaitu tempat para penguasa tinggal di zaman itu, serta rumah Kanuchi yaitu rumah pandai besi dimana pedang Katana (pedang terkuat di dunia) di buat. 

Sebagai pengunjung Edo Wonderland anda juga dapat berganti pakaian tradisional, sehingga anda dapat mengelilingi Edo Wonderland dengan menggunakan pakaian tradisional. Tetapi apabila anda ingin mencoba atraksi rumah ninja saya sarankan menggunakan pakaian biasa karena akan sangat berat beraksi menggunakan kimono ataupun yukata. Apabila anda hanya mau foto studio saja disini juga disediakan tempatnya asli foto studio tradisional zaman Edo. 

Apabila anda inging mencicipi kuliner di zaman Edo, jangan ragu-ragu untuk mampir ke kedai makan yang tersebar di sepanjang jalan. Dari mulai jajanan pinggir jalanseperti mochi dan sate yakitori sampai ke kedai ramen, soba dan tempura semuanya tersedia disini. Makanan khasnya adalah   ramen Tori Soba-ya yaitu ramen yang dimasak dengan kaldu ayam selama 8 jam, rasanya sangat lezat dan gurih dimulut, ditambah dengan tempura dan juga nasi rasanya sangat lezat.

Chosu Daimyo, Rumah Penguasa di Zaman Edo.
Bioskop Zaman Edo.
Rumah klasik dan Toilet di zaman Edo.

Sebagai pecnta fotografi saya sangat puas mengeksplorasi area Edo Wonderland ini. Seluruh areanya sangat tradisional dan klasik membuat saya terpukau. Foto-foto klasik ala Jepang pun banyak saya dapatkan. Para pegawai dan tamu yang berbaju klasik sangat kooperatif senang untuk difoto. Edo Wonderland membawa saya terbang ke masa lalu dimana tidak ada  gedung-gedung tinggi dan mall-mall besar dan juga rumah-rumah minimalis modern. Saya jadi merasakan seperti apa kehidupan di zaman itu. Ternyata selain negara modern dengan teknologi yang paling canggih dan terdepan, Jepang masih menyimpan sejarah masa lalunya dan dilestarikan dengan sangat baik.  Sehingga masyarakatnya tidak lupa akan sejarah para pendahulunya. 


The More You Know About The Past,
The Better Prepared You Are For The Future.
             
                        - Theodore Roosevelt




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLP BEAUTY FACE POWDER REVIEW

ROSE' ALL DAY THE REALEST LIGHTWEIGHT FOUNDATION REVIEW

Me and The Ordinary