MENGINTIP SUASANA DI SEKOLAH BISA - BY THE BODY SHOP

Bicara tentang pendidikan semua anak berhak untuk mendapatkan pendidikan. Namun tidak semuanya mampu. SEKOLAH BISA punya jawabannya bagi anak-anak para pemulung untuk meraih pendidikannya. Yuk intip Sekolah Bisa yang dikelola oleh The Body Shop Indonesia dan Yayasan Tangan Bagi Sesama.







SEKOLAH BISA THE BODY SHOP





Berlokasi di atas gedung kantor The Body Shop kalian bisa menemukan Sekolah Bisa.  Kalau kalian sering mampir ke Warehouse The Body Shop Bintaro buat berbelanja. Nah lokasinnya tepat di atasnya. Ternyata Sekolah bisa ini sudah lama ada yaitu sejak Tahun 2011. Sekolah Bisa ini di khususkan bagi anak para pemulung.  Di jalankan oleh The Body Shop Indonesia dengan dukungan Yayasan Tangan Bagi Sesama. Untuk kurikulumnya disusun oleh The British International School. 

Harapan Sekolah Bisa ini dibuat yaitu agar anak para pemulung memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan seperti anak yang lainnya. Sehingga kedepannya nanti masa depan mereka lebih cerah. 

THE BODY SHOP INDONESIA berkomitmen untuk menjadi SAKSI dalam transformasi anak-anak pemulung sebagai murid dan memberikan pendidikan yang layak bagi SEKOLAH BISA. 


SEKOLAH BISA THE BODY SHOP
SELAMAT DATANG DI SEKOLAH BISA





SISTEM PENDIDIKAN SEKOLAH BISA

SEKOLAH BISA THE BODY SHOP
Adik-adik Sekolah Bisa lagi belajar keterampilan nih.



Sekolah bisa dibuat untuk anak-anak pemulung usia 6 sampai 12 Tahun. Para adik-adik di Sekolah Bisa ini mendapatkan pendidikan selayaknya anak-anak di Sekolah Dasar. Namun karena ada percampuran umur di dalam kelasnya maka pelajaran disesuaikan dengan usianya.

Sistem pembelajaraannya sama dengan lembaga pendidikan semi privat. Selain belajar tentang pengetahuan umum, adik-adik ini juga di ajarkan keterampilan dan seni agar bisa menggali bakat mereka untuk bekal di masa depan. Salah satunya adalah keterampilan Menjahit.

SEKOLAH BISA THE BODY SHOP
Foto-foto kegiatan adik-adik Sekolah Bisa.





Para murid di Sekolah Bisa ini dibagi menjadi 4 group:

GROUP A
Kelas 1 dan 2

GROUP B
Kelas 3 dan 4

GROUP C
Kelas 5

GROUP D
Kelas 6

Total murid di Sekolah Bisa ini ada 24 hingga 25 orang murid, yang kemudian dibagi berdasarkan kelas seperti yang saya sebutkan sebelunmnya. 

Untuk staf pengajarnya adalah guru formal yang berasal dari sekolah sekitar, selain itu juga ada pengajar dari Volunteer. Kurikulum yang di ajarkan sama dengan yang harus dipelajari di Sekolah pada umumnya seperti IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKN, Matematik dan sebagainya. Kurikulum disiapkan agar para murid Sekolah Bisa ini bisa lolos ujian kejar paker dan bisa lanjut ke jenjang sekolah selanjutnya SMP dan SMA. Bahkan Alumni Sekolah Bisa ini ada yang sampai kuliah juga loh babes.

Karena ternyata saat berusaha tidak ada hal yang tidak mungkin yaa, Sekolah Bisa telah mewujudkan impian para anak pemulung ini untuk mendapat pendidikan yang layak. 


SEKOLAH BISA THE BODY SHOP
Kelas Matematik di Sekolah Bisa.


SEPERTI APA SUASANA SEKOLAH BISA?

SEKOLAH BISA THE BODY SHOP
Taman Bermain di Sekolah Bisa


Kalau kalian intip ke dalam Sekolah Bisa suasananya sangat homey. Dibandingkan dengan sekolah pada umumnya kesan dari Sekolah Bisa saat pertama saya lihat adalah nyaman. Jadi anak-anak ini belajar seperti suasana dalam rumah. 

Untuk fasilitasnya juga menarik, ada taman bermain, buku-buku , mesin jahit,  kemudian juga ada alat musik angklung (jadi penasaran intip adik-adik di Sekolah Bisa main angklung). Suasananya juga terasa hijau, pastinya ini karena The Body Shop selalu green living ya babes.

SEKOLAH BISA THE BODY SHOP


SEKOLAH BISA THE BODY SHOP




Waktu saya ke Sekolah Bisa kebetulan kelas yang satunya sedang belajar keterampilan, jadinya ikut seru deh ngeliatin adik-adik ini belajar membuat prakarya. Serasa kembali ke Sekolah lagi, melihat kehidupan adik-adik ini yang berat, melihat mereka tertawa di Sekolah Bisa ini rasanya relieve. Setidaknya mereka masih bisa merasakan kebahagiaan bersama teman seumurnya dan juga mendapatkan pendidikan yang layak. 

Semoga kelak adik-adik Sekolah Bisa ini bisa menjadi penerus bangsa yang baik. Semangat selalu belajarnya!!!


               KONDISI SEKOLAH BISA SAAT PANDEMI?


SEKOLAH BISA THE BODY SHOP


Saat Pandemi ini Sekolah Bisa ini tetap berjalan namun pastinya dengan aturan pembelajaran yang berbeda. Jadwal kelas untuk Sekolah bisa dibagi menjadi pagi dan siang. Untuk menghindari kepadatan di dalam Sekolah Bisa. 
 
Kemudian saat PSBB berlangsung karena keterbatasan tidak adanya gadget untuk jarak jauh maka Sekolah Bisa membuat "KURIR PENDIDIKAN" dengan bantuan Noval. Kurir pendidikan ini maksudnya adalah bahan untuk mengajar dan juga makanan siang dibawakan ke rumah para siswa. Sehingga tetap bisa belajar jarak jauh.  Noval ini adalah seorang alumni dari Sekolah Bisa. 




BAGAIMANA KITA BISA IKUT MEMBANTU SEKOLAH BISA?

SEKOLAH BISA THE BODY SHOP



Kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam membantu adik-adik di Sekolah Bisa. Bisa melalui berbagai cara seperti:

1. Mengirimkan buku anak-anak, seperti buku cerita atau pelajaran.
2. Mengirimkan makanan dan snack untuk para adik-adik di Sekolah Bisa.
3. Ikut mengajar sebagai guru di Sekolah Bisa.
4. Mengirimkan Educational Toys.
5. Memberikan sepatu sekolah dan perlengkapan para murid Sekolah Bisa.
6. Sumbangan donasi juga bisa dilakukan untuk adik-adik di Sekolah Bisa ini. 

Seneng rasanya melihat harapan di mata adik-adik di Sekolah Bisa ini, kelak nanti. mereka bisa mendapatkan masa depan yang lebih cerah dari orang tuanya. 

Bila kalian ini berpartisipasi dengan menyumbang ataupun jadi Volunteer dari Sekolah Bisa ini bisa langsung kontak ke  .


Bapak Irwan Nurhadi 08875913426 atau email ke irwansekolahbisa@gmail.com

untuk donasi SEKOLAH BISA  melalui rekening ini: 

YAYASAN TANGAN BAGI SESAMA
BCA - KCU PONDOK INDAH
2912111238


SEKOLAH BISA THE BODY SHOP










Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW SERUM SCARLETT - ACNE SERUM & BRIGHTLY EVER AFTER SERUM

SEBULAN PENGGUNAAN AVOSKIN MIRACULOUS REFINING SERUM - REVIEW

Treatment Review: INFUSE GLOWING & PHOTO FACIAL ACNE DI ZAP