CARA MENCEGAH MASKNE - MASKER ACNE

CARA MENCEGAH MASKNE

Tahun 2020 ini adalah tahun dimana MASKER wajib digunakan saat kita pergi kemanapun. Namun penggunaan Masker tersebut mengakibatkan kulit wajah iritasi dan berjerawat. Karena itulah MASKER ACNE atau MASKNE ini menjadi problematika versama di tahun 2020. 



MASKNE - MASKER ACNE

Maskne IS THE NEW ACNE, MASKNE adalah jerawat yang timbul akibar menggunakan masker. Buat saya pribadi yang jarang berjerawat di area rahang saya cukup kaget saat area rahang, dagu, pipi dan bibir jadi berjerawat. Untuk yang tipikal jerawatnya tidak pernah sekaligus banyak saya cukup kaget, belum lagi ukurannya juga cukup besar jadi terlihat jelas..hihi..

Setelah membaca dari KLIK DOKTER (silahkan clik disini) MASKNE ini adalah jerawat yang disebabkan oleh gesekan. MASKNE ini adalah tipe jerawat mekanik, yaitu jerawat yang timbulnya di akibatkan gesekan. Jika kulit terus-menerus terkena gesekan dari permukaan yang kasar makan akan terjadi iritasi dan semakin parah.

Selain itu kondisi kulit wajah yang tertutup masker dalam waktu lama akan menyebabkan hawa panas terjebak di dalam masker, sehingga menimbulkan kondisi kulit yang lembap dan juga memicu keringat berlebih.  Kondisi ini memicu timbulnya jerawat.  Sumber : (ALO Dokter.com)

Namun setelah experiences dengan MASKNE Masker Acne ini saya jadi paham bagaimana cara mencegahnya di wajah saya yang kombinasi cenderung berminyak dan juga memiliki problematika sensitive skin ini.


CARA MENCEGAH MASKNE
KONDISI MASKNE DI KULIT WAJAH SAAT INI.


PENYEBAB MASKNE -MASKER ACNE

Jangan panik dulu sama MASKNE, sebelum paham apa penyebabnya. Nahh ini adalah penyebab dari Maskne atau Masker Acne yang sedang melanda kulit kita.

1. Area kulit tertutup masker sehingga menjadi lembap dan panas.

Kondisi pengap, panas dan lembap ini pasti memicu timbulnya bakteri di kulit wajah. Lama kelamaan pasti akan menjadi jerawat Haii Maskne. Bakteri bercampur keringat yang bertahan lama di wajah pastinya bukan kondisi yang baik untuk kulit ya babes.

2. Gesekan antara kain masker dan kulit.

Seperti yang telah disebutkabn di atas bahwa gesekan antara permukaan kulit dengan masker akan meniumbulkan jerawat dan iritasi. Karena itu Maskne ini disebut jerawat Mekanik. 

3. Pori-pori lebih mudah tersumbat.

Dalam keadaan yang tertutup lama pastinya pori-pori tersumbat oleh minyak, keringat dan bakteri. Belum lagi bila menggunakan make-up du atas kulitnya. Sudah pasti pori-pori kondisinya kan tersumbat. Pori-pori yang tersumbat ini akan menimbulkan MASKNE.

4. Menggunakan Heavy Make-up saat Menggunakan MASKER

Tanpa menggunakan make-up saja pori-pori sudah sangat tersiksa karena pengap dengan kondisi tertimbun minyak, keringat dan bakteri. Apalagi di tambah bila pori-pori tertutup MASKNE. Pastinya pori-pori akan lebih sulit untuk bernafas. Karena itu leboh baik menggunakan seringan mungkin make-up atau bahkan no make-up saat menggunakan masker.

Cara Mencegah Maskne Masker Acne

CARA MENCEGAH MASKNE



Setelah mengetahui penyebab dari Masker Acne ini jadinya lebih paham akan apa yang harus kita lakukan. Jadi seperti yang kita ketahui penyebab utama dari MASKER ACNE ini adalah Gesekan di kulit dan kondisi lembap serta pengap saat menggunakan masker. Berikut cara mencegah MASKNE :

1. MENGGANTI MASKER

Menurut aturan WHO disarankan mengganti masker kain setiap 3 jam sekali. Nah selain untuk proteksi lebih diri kita dari virus. Rajin mengganti masker ini bagus untuk menjaga agar kondisi masker di wajah tidak lembap sehingga menghindari Maskne Masker Acne.

Saat menggunakaan Masker Kain di wajah pastinya uap dan keringat terperangkap di wajah. Bahkan sebaiknya apabila merasa keringetan saat baru 1 jam pemakaian. Ganti Masker Kain untuk Pencegahan MASKNE bisa dilakukan. Karena keringet di wajah akan semakin banyak tergantung udara dan aktivitas yang kita lakukan. Jadi misalnya ada dalam perjalanan sekitar 40 menit dan merasa sangat berkeringat. Gantilah masker kain kalian, karena akan meminimalisir tersumbatnya pori-pori di wajah yang kemudian akan menimbulkan jerawat.


2. GUNAKAN MAKE-UP SEMINIMAL MUNGKIN

Dengan kondisi pori-pori yang tertutup , kurang bernafas dan lembap penggunaan make-up seminimal mungkin, atau bahkan tidak menggunakan base make-up akan jadi pilihan terbaik. Apabila memang di kondisi harus menggunakan base make-up gunakan tinted moisturiser. Karena semakin ringan base make-up yang digunakan akan semakin membuat pori-pori bisa bernafas. 

Saya pribadi lebih memilih menggunakan sunscreen dan loose powder. Kondisi ini mencegah pori-pori menjadi tersumbat. Apalagi semakin lama durasi kita menggnakan masker, pori-pori pastinya juga akan semakin tersiksa. jadi pilih base makeup yang ringan, LOOSE POWDER di kondisi ini sudah cukup.

3. SEGERA DEEP CLEANSING SETIBANYA DIRUMAH.

Saat tiba sampai dirumah cuci tangaan terlebih dahulu sebelum membuka masker. Kemudian wajib langsung melakukan Deep Cleansing. Dikarenakan pori-pori tertutup dan tidak bisa bernafas bebas saat menggunakan masker. Double Cleansing wajib dilakukan. Setelah double cleansing bisa menggunakan Masker Charcoal ataupun tea tree yang bisa mengangkat kotoran secara total di pori-pori. 

Pilih produk yang benart-benar membersihkan pori-pori secara mendalam. Masukkan AHA/BHA juga dalam proses ini, terutama BHA karena BHA mampu menembus minyak dan membersihkan pori-pori secara tuntas. 

Tahap membersihkan wajah ala #IchaMaucerita untuk mencegah MASKNE:
- Cleansing Balm
- Charcoal Face Wash The Body Shop
- Micellar Water
- AHA/BHA Toner


3. GUNAKAN SOOTHING CREAM  dan CALMING CREAM

Setelah Double Cleansing selanjutnya yang wajib dilakukan adalah Hydrating dan Moisturizing kulit. Maskne ini penyebab utamanya adalah gesekan yang terjadi antara kain dan kulit. Jadi kelembapan kondisi kulit wajib dijaga. Pilih Moisturizer yang mengandung Soothing dan Calming efek. Di Kondisi ini selain butuh kelembapan dan hidrasi kulit yang baik, kulit juga butuh di tenangkan setelah mengalami iritasi tergesek oleh permukaan masker. 

#IchaMauCerita recommendation Produk untuk Calming Cream Mencegah MASKNE:
-KLAIRS Midnight Blue Calming Cream
-Aloe Vera Sooting Gel The Body Shop

4. Simpan Masker Pengganti di Tempat Khusus

CARA MENCEGAH MASKNE



Membawa masker kain pengganti harus di tempatkan di tempat khusus. Agar kebersihan masker kain pengganti tetap terjaga. Apabila meletakkan masker pengganti sembarangan, selain berbahaya bila terpapar virus,  juga bisa terkena bakteri yang kemudian menjadi penyebab MASKNE. 

Karena itu tempatkanlah masker kain pengganti di pouch khusus dan tertutup, agar bakteri penyebab MASKNE tidak menempel. 


Setelah paham apa penyebab Masker Acne dan bagaimana Cara Mencegah Masker Acne berikutnya pasti penasaran kan dengan produk yang saya gunakan?
Di NEXT BLOGPOST akan saya jelaskan Rekomendasi Skincare untuk MASKNE ala #IchaMauCerita.

EVERYONE IS STRUGGLING
WITH
MASKNE
YOU ARE NOT ALONE


Love, Annisa
 



 

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBULAN PENGGUNAAN AVOSKIN MIRACULOUS REFINING SERUM - REVIEW

AVOSKIN PHTE - HYDRATING PERFECT TREATMENT ESSENCE REVIEW