BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK

 MERKURI mendengar kata Merkuri saja semua sudah paham itu kandungan yang berbahaya. Namun pada prakteknya Kosmetik dengan kandungan Merkuri ini masih banyak ditemukan di pasaran dan masih juga di gunakan. Jadi sebenarnya sebahaya apakah Merkuri dalam kosmetik ini? 

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK




Untuk membuat masyarakat paham dengan bahaya Merkuri ini BADAN POM Republik Indonesia mengadakan webinar dengan tema STOP KOSMETIK BERMERKURI - PETAKA DIBALIK PUTIH DALAM SEKEJAP. Dengan pembicara yang ahli dibidangnya yaitu Dr Penny K Lukito, MCP Kepala Badan POM RI, Dra Mayagustina, Apt,M.Sc , Dokter Grand Lich ( Dokter sekaligus youtuber pengamat kosmetik), dr Listya Paramita Sp.LL dan bintang tamu Vidi Aldiano serta Dhini Aminarti. 

Karena kesadaran masyarakat akan kesehatan adalah cara yang ampuh untuk mendukung pemberantasan  Kosmetik Bermerkuri ini beredar.





BENTUK MERKURI

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK
Bentuk Merkuri.



Bicarain tentang Merkuri ini lebih jelas lagi bila kita paham seperti apa bentuknya. Ternyata Merkuri ini bukan hanya ada di dalam kandungan kosmetik namun juga ada di peralatan kesehatan yang sering digunakan. Karena bentuk MERKURI ini adalah CAIRAN LOGAM PERAK / Air Raksa.  Jadi bentuk merkuri ini adalah logam dan cair. 

Menurut laporan dari BLOOMBERG pada tanggal 28 Agustus tahun 2018 pasar Merkuri meraup $20 sekitar Rp.283 triliun. Sebagian besar pengguna Merkuri tersebut dari industri kecantikan. Ini di karenakan efek dari MERKURI dalam produk kecantikan instan membuat kulit PUTIH dan GLOWING seketika, namun masyarakat tidak sadar resiko penggunaan MERKURI tersebut.

Di Indonesia sendiri hukuman bagi penjual Merkuri adalah maksimal 15 tahun penjara sesuai dengan UU no 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.  Penambahan kandungan Merkuri ke dalam produk kosmetik juga dilarang sesuai dengan praturan Badan POM No 23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik. 

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK
Sumber Website lampung.co

KENAPA KOSMETIK BERMERKURI MASIH BEREDAR?

Sudah paham berbahaya namun masih beredar di pasaran kosmetik bermerkuri ini. Penyebab utamanya adalah karena produk kosmetik dengan kandungan bermerkuri ini membuat kulit menjadi PUTIH secara INSTAN dan juga GLOWING. Standar kecantikan wanita terutama di Indonesia adalah PUTIH = CANTIK. Wanita yang putih itu identik Cantik, sehingga dengan berbagai cara termasuk cara Instan yaitu menggunakan produk kosmetik bermerkuri. 

Selama masih ada demand di pasaran, produk kosmetik bermerkuri akan selalu ada. Untuk kondisi saat ini Produk Kosmetik Bermerkuri banyak beredar di e-commerce. Menurut Dokter Grand Lich untuk ditemukan langsung di pasaran baik produk kesehatan dan kosmetik sudah sangat jarang, namun justru di e-commerce produk dengan bahan Merkuri ini masih beredar. 

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK


EFEK PENGGUNAAN MERKURI DALAM KOSMETIK

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK



Kosmetik dengan kandungan bermerkuri ini dicari karena efeknya yang instan dalam memutihkan warna kulit. Namun dibalik semua itu ada efek yang sangat berbahaya baik untuk kulit ataupun untuk organ dalam tubuh. 

Gejala awal yang sering muncul saat menggunakan kosmetik dengan kandungan Merkuri ini adalah:

- Gatal-gatal
- Warna kulit jadi  kemerahan
- Kulit terasa panas
- Kulit menjadi kering dan kasar
- Pengelupasan kulit

Kemudian efek jangan panjang dari penggunaan kosmetik bermerkuri ini bisa memberi efek pada kulit dan sistemik (organ tubuh). Untuk efek penggunaan merkuri pada kulit adalah bisa terjadi  Kanker kulit , Hipo/Hiperpigmentasi, Baboon Syndrome, mengelupas, saat terkena matahari kulit jadi lebih sensitif dan mudah merah. Bahkan walau hanya digunakan di area wajah namun efek dari penggunaan merkuri ini sampai ke seluruh tubuh hingga kulit kepala dan jari.


Sedangkan untuk efek pada sistemik yang bisa terjadi adalah gangguan pada janin, sakit ginjal , Kanker organ tubuh,Hipo/Hiper pigmentasi , Diare, Neuropsikiatri (gangguan saraf) bahkan juga sakit paru-paru.  
Jadi efek penggunaan produk kosmetik bermerkuri ini bukan hanya pada kulit namun juga sistemik tubuh. 


BAGAIMANA PEMULIHAN EFEK BURUK MERKURI?

Dengan harga yang murah Merkuri dalam kosmetik mampu memutihkan kulit secara instan dan juga memberi efek glowing. Tetapi apabila efek buruk Merkuri sudah muncul di wajah dan tubuh kita tidak semudah itu penganganannya dan juga MAHAL apalagi jika sudah merusak bagian sistemik.

Seperti bila efeknya adalah Kanker dan gangguan saraf, pemulihannya pasti tidak mudah. Jangankan kembali normal seperti biasanya, bisa kembali jadi sehat saja akan sangat sulit. 


CARA MEMILIH KOSMETIK YANG AMAN DAN BEBAS MERKURI

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK
BPOM RI - STOP KOSMETIK BERMERKURI EVENT.



Di acara Webinar Stop Kosmetik Bermerkuri Ini Vidi Aldhiano dan Dhini Aminarti memberi tips agar aman dan terhindar dari Kosmetik dengan bahan MERKURI ini kita sebagai pengguna harus jeli dengan produk yang akan kita gunakan. Apakah Brand dari kosmetiknya terjamin? kemudian ada tanggal kadaluwarsa dan no BPOMnya tidak?  Apabila dari packaging saja sudah tidak ada keterangan jelas jangan coba-coba untuk menggunakan produk tersebut.

Sedangkan dari Dra Mayagustina Andriani Apt. M Sc memberi tips untuk menerapkan cek KLIK saat menerima suatu produk kosmetik agar terhindar dari bahan berbahaya seperti MERKURI. KLIK yang dimaksud adalah:

K: Kemasan
L: Label
I: Izin Edar
K: Kadaluwarsa

Kemudian juga dari kita sebagai pengguna kosmetik jangan tergiur dengan iklan yang tidak jelas kebenarannya. Apalagi kalau mendengar testimoni dengan hasil Instant kita wajib waspada dengan isi kandungan di dalamnya.

KEMASAN Pastikan kemasan tersegel dengan baik. Kemudian lihat tanggal kadaluwarsa yang tercantum di badan kemasan. Waspada bila kemasan hanya polos bahkan tanpa label. Biasanya Kosmetik bermerkuri hanya ter tera tulisa Night Cream atau Day Cream tanpa penjelasan lagi.

LABEL dalam suatu packaging kosmetik wajib diperiksa apakah tertera Ingredients yang Lengkap? kemudian ada nomor BPOM tidak tertera di dalam labelnya. Kosmetik yang bebas kandungan berbahaya akan menyertakan ingredients lengkapnya di label packaging.

IZIN EDAR suatu produk berlaku selama 3 tahun, dan selama 3 tahun tersebut BPOM melakukan cek pada produk tersebut untuk memastikan apakah produk tersebut di kemudian hari berpotensi untuk di salah gunakan. 

KADALUWARSA produk ini wajib kita lihat, dan sebisa mungkin kita kasih label tanggal pertama membuka produk tersebut. Untuk tanggal kadaluwarsa ini ada yang berbentuk EXP DATE dan ada yang berbentuk PAO TIME. 
EXP DATE berarti Expired Date, yaitu tanggal produk tersebut sampai kapan bisa digunakan. Bentuknya biasanya angkat dengan tanggal / bulan/tahun. Terkadang ada yang bulan/tahun saja.
Sedangkan PAO TIME, adalah Period After Opening. Biasanya tertulis 6m, 9m atau 12m. Artinya adalah  6m= 6 bulan sejak produk tersebut pertama dibuka. PAO biasanya ada di produk yang isinya natural ingredients.




LAPORKAN BILA MENEMUKAN MERKURI DI KOSMETIK

Apabila menemukan kandungan berbahaya termasuk Merkuri di dalam kosmetik yang kita gunakan. Ternyata kita bisa melakukan pelaporan ke BPOM. Bisa melalui aplikasi BPOM atau telfonke  pengaduan  BPOM. Dengan turut membantu pemerintah memberantas peredaran Merkuri pastinya peredaran Kosmetik Bermerkuri ini bisa hilang peredarannya di Indonesia.

Berikut saya lampirkan nomor pengaduan BPOM dan juga aplikasi yang bisa di download di Handphone untuk laporan ke BPOM.

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK

BAHAYA MERKURI DALAM KOSMETIK



Karena untuk mencegah masuknya kosmetik berbahan Merkuri ini dibutuhkan pantauan dari HULU ke HILIR. Dengan bantuan mata dari masyarakat luas pastinya akan lebih mudah untuk memberantas peredaran kosmetik bermerkuri ini.

Selain itu bila permintaan masyarakat akan Canti Putih Instant dengan Merkuri ini tidak ada dipastikan perdagangan kosmetik di Indonesia juga bisa STOP. Yuk kita merawat diri dengan bahan-bahan yang sehat. Karena untuk cantik tidak harus putih namun sehat, saat sehat otomagtis kulit akan GLOWING. 
Ingredients untuk mencerahkan kulit yang aman kalian bisa pilih NIACINAMIDE, VITAMIN C , ALPHA ARBUTIN dan masih banyak lagi. 


Semua perempuan itu cantik dengan keunikannya masing-masing. Jadi  kita harus merawat diri kita sebaik mungkin. Jangan pernah ingin menjadi sama  akan suatu Standar kecantikan, Let's be Your Own Kind Of Beautiful.



BEAUTY IS ABOUT
BEING COMFORTABLE
IN
YOUR OWN 
SKIN

Love, Annisa














Komentar

  1. Gak kebayang deh logam cair terkena tubuh apalagi masuk dalam pori2 hingga ke darah.
    Bakal parah penyakit yang ditimbulkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuh serem banget bayanginnya...sesuatu yang ngga buat tubuh tapi maasuk ke dalam tubuh.

      Hapus
  2. HAseek, aku sepakat banget dengan "semua perempuan itu cantik dengan keunikannya masing-masing" Mari merwat diri dengan menjadi konsumen yang cerdas dalam pemilihan kosmetik yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yasss sudah tercipta berbeda-beda kenapa harus sama...semua perempuan punya keunikan masing-masing

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBULAN PENGGUNAAN AVOSKIN MIRACULOUS REFINING SERUM - REVIEW

AVOSKIN PHTE - HYDRATING PERFECT TREATMENT ESSENCE REVIEW