Pengikut

Rabu, 18 Oktober 2017

Mengejar Fuji di Hakone



Life is like a mountain
Hard to climb
But worth the amazing view from the top


Olaaaaa semuaaa...


Post kali ini masih tentang liburan Jepang September kemarin ini. Kali ini saya share tentang area Hakone. Kebetulan banyak yang tanya area Hakone ini by DM insta story atau pun by WhatsApp.  Pastinya pada penasaran sama spot-spot indah di Hakone ini dan pastinya how to get there, so here it is.

Hakone adalah national park yang terletak di sebelah barat kota Tokyo. Kalau pergi ke Jepang pasti penasaran dengan keindahan gunung Fuji, Hakone adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan dari gunung Fuji. Spot terbaik untuk melihat gunung fuji adalah Hakone dan Kawaguchi, diantara Hakone dan Kawaguchi tersebut ada area Gotemba. Which is Famous by their Premium Outlet.  Kalau untuk menjelajah Hakone, Kawaguchi dan Gotemba paling cepat 2 hari tidak bisa dalam sehari saja karena jaraknya yang jauh dan spotnya yang bagus-bagus membuat kita jadi bingung untuk memilih. For this trip I choose Hakone dan kemudian melipir ke Gotemba untuk ke Gotemba premium Outletnya. Kenapa saya memilih Hakone daripada Kawaguchi karena setelah searching mendalam Hakone punya lebih  banyak spot pemandangan yang indah dan spot untuk melihat keindahan Fuji pun lebih banyak. But if you're lucky enough karena menjelang musim gugur seperti ini mostly cuaca angin kencang dan berkabut.


First things first is we should have Hakone free pass if we want to explore the Hakone area. Hakone free pass include all the transportation you need to get around Hakone plus a discount ticket for a museum and garden around Hakone area. Jadi ini sangat membantu kita dan juga pastinya lebih ekonomis. Saya berangkat dari area Tokyo yaitu Shinjuku, dan membeli pass di Shinjuku station. Dengan Hakone free pass transportasi dari Shinjuku-Hakone sudah tercover untuk pulang dan pergi. Keretanya pun bagus dan cukup nyaman, apabila mau lebih nyaman lagi kalian bisa membeli romance car yang harganya jauh lebih mahal. Harga Hakone free pass adalah 5140 yen untuk 2 hari, pass yang dijual hanya ada untuk 2 dan 3 hari.

Hakone Tozan Cable Car
Hakone Ropeway.

Untuk menelusuri area Hakone ini transportasi dibuat menarik dimulai dari Hakone Tozan Train, Hakone Tozan Cable Car, Hakone Ropeway dan Hakone Sightseeing cruise. Hakone Tozan train itu seperti kereta yang menanjak ke atas arahnya ada yang maju dan yang mundur, Hakone Tozan cable car bentuknya seperti Tram di peak tram Hongkong jadi searah menanjak dan curam bisa naik keatas ataupun turun ke bawah, Hakone ropeway adalah cable car atau kereta gantung dan yang paling saya suka adalah Hakone sightseeing cruise di lake Ashi. Semua transportasi ini bisa dipergunakan sepuasnya, jadi bisa bolak balik kalau anda belum puas menikmati keindahannya selama batasan hari di pass anda. 

Kami sempat turun di station chokokonumori saat menaiki Hakone Tozan Train untuk mengunjungi Hakone Open Air Museum, seperti yang sudah saya bahas di post sebelumnya.It's a must place to visit if you love art museum.

Hakone ropeway from Owakudani Station.
Owakudani Hell Valley.

Owakudani area


Saat menuju Owakudani Valley yang merupakan lembah vulkanik aktif, menggunakan Hakone Ropeway, kami menyempatkan diri untuk menikmati keindahan dari owakudani area ini. Seharusnya saat cuaca normal dan cerah Gunung Fuji terlihat jelas dari sini, sayangnya saat kami datang tidak terlihat sedikitpun dari sini. Disini kami melihat si telur hitam yang disebut kuro tamago, yang konon apabila dimakan bisa menambah umur orang yang memakannya. Telur ini merupakan telur ayam yang direbus di sumber air panas alami yang mengandung belerang dan besi, didalam keranjang baja selama 15 menit dengan suhu 100 derajat. Untuk kenyamanan para pengunjung disediakan tisu basah yang wangi agar berjaga jaga siapa tahu pengunjung tidak kuat dengan bau belerang. Tapi bau belerangnya tidak terlalu menusuk seperti perkiraan saya sebelumnya. Hunting foto disini seru terdapat berbagai view dari valley ini yang sangat cantik.




Cerita seru dari hakone ini adalah saat mengejar view dari gunung Fuji. Jadi dari map Hakone area diberi tanda spot mana sajakah yang dapat terlihat jelas gunung fuji. Terdapat 3 Spot penting yaitu di Hakone Ropeway setelah Owakudani area, yang kedua saat sight seeing cruise di Lake Ashinoko dan yang ke 3 di dermaga Moto Hakone. Setiap spot tersebut saya nanti siap-siap dengan si Alpha di tangan tetapi apa daya sampai 3 spot tersebut kami tidak menemukan gunung Fuji, where are you Fuji?, bahkan saya dan Mas Ubuy sampai bagi_bagi tugas melihat arah yang berbeda agar tidak terlewat tetapi memang tidak ada. Kebetulan ada turis Vietnam yang sama-sama suka foto dan menjelajah bersama kami juga mengatakan hal yang sama looks like we failed to see the Fuji. Tetapi saat menjelang sore saat kami menuju ke arah Gotemba Premium Outlet saat di bus saya melihat Fuji dengan jelas bercampur setengah kabut. Rasanya ngga terbayangkan saat udah ikhlas dan berharap punya lain waktu kesini lagi tiba-tiba fuji mulai muncul dengan malu-malu. Lebih membahagiakan lagi saat memasuki are Gotemba gunung Fuji menyapa dengan sejelas-jelasnya, bahkan saat ganti bus untuk menuju outlet gunung fuji muncul jelas tanpa kabut.Jadi sepuasnya saya dan mas Ubuy menikmati Fuji di Gotemba Premium Outlet sampai berganti latar menjadi Sunset di gunung Fuji, rasa bahagianya tak terucapkan tetapi bisa tergambarkan dengan hasil tangkapan dari camera saya ini.
Saat Gunung Fuji mulai muncul.

Jadi apabila saat kalian mengunjungi Hakone dan tidak melihat gunung fuji karena kabut jangan patah semangat, yess miracle do happen in the middle of journey. Just enjoy the journey and you will see beautiful things along the way.


Berikutnya yang wajib dilalui adalah Lake Ashinoko atau sering disebut lake Ashi juga menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan, exploring the lake surround with beautiful mountain, di saat cuaca cerah gunung Fuji terlihat jelas sekali disini. Pada saat kami sightseeing di Lake Ashi angin cukup kencang untungnya tidak hujan. Untuk yang suka hunting foto saya sarankan untuk tidak duduk dalam deck kapal tetapi di bagian paling atas kapal, a view from here is amazing. Pemandangan yang dinanti selain pegunungan yang indah adalah Hakone Jinja Shrine yag terlihat jelas dari sightseeing cruise ini.





Hakone Jinja Shrine juga salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Hakone. Karena justru inilah one of the iconic place of Hakone. Jujur saja Jinja Shrine di kelilingi gunung dan danau ini adalah daya tarik utama saya ingin ke Hakone,saat pertama kali menyusun itinerary. Saya ingin melihat keindahan asli Jinja Shrine secara nyata di Hakone. Jangan kaget untuk foto di Jinja Shrine ini antrinya lumayan panjang, karena memang tempat yang sangat dicari oleh para turis.



Kami mengejar bus ke Gotemba setelah selesai dari Jinja Shrine, kembali menaiki sightseeing cruise di Lake Ashi dan naik bus menuju Gotemba Premium Outlet. Rasanya seperti Eye and Soul theraphy, mata dan jiwa yang segar memenuhi kami di seluruh perjalanan ini.

The World is a book
and those  who do not travel 
they only read one page

Location: Hakone - Kanagawa Perfecture (west tokyo).
Transportation: Hakone free pass for 2 days.
Hakone Free Pass: Buy at Shinjuku station or any Odakyu Office.




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New Post

Menjelajah Jepang di Zaman Edo

Pertanda dimulainya zaman modern di Jepang adalah ketika Zaman Edo / Periode Edo. Zaman Edo Disebut juga dengan Zaman Tokugawa. Karena p...