KENAPA PILIH MASKER KAIN ?

Holla Babes bagaimana karantina kalian selama pandemic Covid 19 ini berlaangsung. Semoga kalian tetap sehat dan semangat ya menjalani hari. Selain cuci tangan yang rajin dan melakukan self distancing jangan lupa menggunakan masker saat meninggalkan rumah. Pilih Masker kain daripada Masker Medis ya babes. Karena anjuran WHO bagi warga yang sehat dan bukan tenaga medis adalah menggunakan Masker Kain.

 







GUNAKAN MASKER KAIN

KENAPA MASKER KAIN?

Berdasasrkan aturan yang dibuat oleh WHO masker medis diperuntukkan bagi:
1. Tenaga medis .
2. Psien COVID 19 .
3. Orang yang kontak langsung dengan para pasien Covid 19.


Di negara kita sendiri di Indonesia para petugas medis sudah kewalahan karena kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), yang salah satunya adalah masker medis tersebut. Kekurangan Alat Pelindung Diri ini menyebabkan para petugas medis menggunakan APD melewati batas seharusnya. Sehingga para tenaga medis pun tertular dan mulai berguguran.

Penggunaan masker kain ini selain memberikan kesempatan bagi para tenaga medis untuk mendapatkan lebih banyak MASKER MEDIS .  Sekaligus juga membantu menjaga bumi karena berarti mengurangi sampah masker medis yang hanya bisa digunakan sekali pakai. Terbayang ngga berapa banyak jumlah masker medis yang terkumpul saat ini? Pastinya menambah gunungan sampah yang sudah sangat tinggi di negara ini.

Secara tidak sadar tingginya permintaan masker medis ini membuat harga masker menjadi meningkat drastis. Bahkan ada juga kasus penimbun masker hingga pencurian masker. Sebesar itulah dampak rebutan masker medis yang terjadi saat ini. Karena itulah bagi orang yang sehat dan tidak kontak langsung dengan pasien ,Masker Kain bisa menjadi solusinya.


SIAPA YANG WAJIB MENGGUNAKAN MASKER KAIN?

Masker kain wajib digunakan oleh Orang dalam keadaan fisik yang sehat. Juga orang-orang yang tidak harus melakukan kontak fisik dengan pasien. 

GUNAKAN MASKER KAIN

AGAR MASKER KAIN EFEKTIF?

Bahan yang dianggap paling pas digunakan untuk membuat masker adalah bahan kain katun.Info ini berasal dari penelitian University Of Cambridge .  Kain katun 90 persen dianggap paling ideal untuk dijadikan masker kain. Seperti apasih? yaitu adalah katun yang suka digunakan untuk sarung bantal ataupun kaos katun dianggap paling efektif untuk mengangkal virus yang datang. Kemudian lap kain dapur juga teruji ampuh untuk menjadi masker kain. 

Namun selain bahan yang pas agar efektif masker kain juga harus pas komposisi, ukuran dan bentuknya. Virus Corona ini ditularkan melalui droplets atau cairan tubuh. Dengan design yang pas di wajah dan juga nyaman. Masker kain cukup baik untuk meminimalisir masuknya virus dan bakteri dari droplets ke dalam tubuh kita. 

BERAPA LAMA MASKER KAIN EFEKTIF DIGUNAKAN?

GUNAKAN MASKER KAIN


Walau sebenarnya masker N95 dianggap paling ideal untuk menangkal virus dan bakteri hingga 95%, tetapi Virus Corona ini bukan tipikal  virus yang ditularkan melalui udara . Virus Corona ditularkan melalui Droplets atau cairan tubuh. Sehingga masker kain masih bisa digunakan untuk menangkal masuknya cairan droplets ke tubuh kita.

Masker kain efektif digunakan untuk meminimalisir transmisi sebanyak 71 persen hinggan 97 persen. Menurut CDC (Central For Desease Control And Prevention) masker kain hanya bisa digunakan selama 4 jam. Jadi setelah 4 jam disarankan untuk mengganti dengan masker kain baru. Masker kain tersebut wajib langsung dicuci saat tiba dirumah. Jadi jangan di diamkan hingga esok harinya.

CARA MENCUCI MASKER KAIN

1. Jangan dicampur dengan cucian baju lainnya.
2. Rendem dengan air panas (minimal 30 derajat Celsius ).
3. GUnakan Sarung Tangan Dapur untuk mengucek Masker kain.
4. Gunakan Deterjen (penghilang Noda) yang mengandung disinfektan.
5. Bilas Maske kain dengan air mengalir.
6. Serap cairan berlebih di masker dengan menepuk-nepuk di atas handuk bersih.
7. Jemur hingga kering.
8. Wajib disetrika - setrika ini membantu mensterilkan sisa bakteri dan virus yang masih tertinggal di masker.

CARA MEMBUAT MASKER TANPA JAHITAN

Mau membuat masker kain sendiri? eh tapinya ngga bisa menjahit. Tenang masih ada harapan kok. Masker kain dapat dibuat tanpa jahitan. Berikut adalah video yang bisa jadi referensi kalian untuk membuat Masker kain tanpa jahit menjahit.






Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker tanpa jahitan:
1. Sediakan 2 karet rambut.
2. Sediakan 1 kain ukuran sedang. (bisa syal ataupun sapu tangan).
3. 1 lembar tissue. 


GUNAKAN MASKER KAIN

YUK Gunakan Masker Kain dan Ikut Jaga Bumi ini 

Mari sebisa mungkin kita jaga kelangsungan Bumi ini. Dengan memilih menggunakan masker kain kita sudah membantu mengurangi sampah Single USE Mask. Dengan kondisi bumi yang sehat manusia di dalamnya juga akan ikut sehat.

Semoga setelah pandemi ini berlalu dan kembali beraktivitas normal. Tetap jaga kebersihan diri kalian ya, dan lanjutkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk selama pandemic ini berlangsung.

Saya yakin ada hikmah di setiap kejadian. Yuk sama-sama kita jaga bumi tercinta ini.


STAY AT HOME
WASH YOUR HANDS
WEAR YOUR MASK EVERYWHERE YOU GO OUT
TOGETHER WE 
FIGHT
COVID 19


Love, Annisa


Komentar

  1. wahhh thanks ka tipsnyaa😍 sangat membantuu kita semuaa... agar lebih hati” dan selalu pake masker di kondisi skrgg❤️

    BalasHapus
  2. Ilmu semua sih ini isinya. Apalagi di saat suasana seperti ini ,kita butuh banget pencerahan agar tau gunanya masker yg benar,cara merawat dsb. Thanks ka icha untuk sharingnya

    BalasHapus
  3. Bermanfaat bgt ini ma ka😍kalau masker yang lgsung dibuang hanya 1kali aja,kalau ini bisa dicuci😍

    BalasHapus
  4. Kak icha, walaupun aku baru lihat post an kak icha skrg, tp i'd like to thank you to you, karena udah berkontribusi mengedukasi masyarakat tentang penggunaan masker dan sangat informatif. That's really means a lot for me kak, sebagai tenaga medis yang... ah sudahlah, gak boleh mengeluh juga kan hehehe. Sebelum gencar edukasi masker kain, bahkan susah bgt dapetin masker medis :( Oh ya, untuk masker kain rekomendasi WHO saat ini 3 ply hehe bisa terdiri dari katun, polyester, cellulose (paper towel, tissue) yang dikombinasikan. Makasih kak ichaa, semoga para beauty blogger dan vlogger setidaknya menyelipkan satuuu aja edukasi terkait covid19

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBULAN PENGGUNAAN AVOSKIN MIRACULOUS REFINING SERUM - REVIEW

AVOSKIN PHTE - HYDRATING PERFECT TREATMENT ESSENCE REVIEW