SEBUAH RASA PADA TULISAN



Karena menulis bukan hanya sekedar tulisan. Ternyata sama seperti kita memasak, biar masakannya enak harus ada rasa yang pas. Tulisan tanpa sebuah rasa pasti akan hambar bagi pembacanya.  Jadi gimana agar tulisan kita memiliki rasa ya?



Jadi tanggal 26 Maret 2019 kemarin saya berkesempatan untuk ikut acara Creative Travel Writing bersama Mba Dini Fitria. Tentunya bersama komunitas ISB, kami sama-sama belajar menulis rasa. Serunya acara ini bukan hanya menulis workshop biasa, tapi saya jadi paham betapa pentingnya rasa di sebuah tulisan.



Terutama menuliskan sebuah perjalanan saat traveling. Pastinya sebuah tugas tersendiri , agar para pembaca bisa ikut merasakan apa yang kita lihat dan kita alami di perjalanan tersebut. Bagaimana membuat pembaca yang ada di rumah serasa ikut terbang ke lokasi perjalanan kita. Di situlah letak sebuah rasa. 




Untuk sebuah Travel Writing penting sekali membuat premis dengan  tingkat kegalauan yang tinggi. Karena itu akan membuat pembaca lebih terbawa lebih jauh kedalam petualangan kita selama perjalanan.  Tentunya dilengkapi dengan alur yang mengalir dan tidak lompat.  



Point penting lainnya adalah masukkan unsur lokalitas dari lokasi yang sedang kita tuju. Karena itu akan membuat pembaca lebih merasakan keberadaan mereka dalam tulisan kita. Tulisan tanpa rasa pasti tidak akan  meninggalkan kesan.  Makna dari rasanya juga akan kurang. Tulisan kita pun akan memiliki nyawanya sendiri saat kita memberi rasa. Kurang lebih ini adalah inti menulis rasa bersama Mba Dini Fitria.



  MAKAN SIANG BERSAMA ROYAL TUMPENG



Setelah mengikuti workshop Creative Travel Writing ini pastinya perut lapar. Jam juga sudah menunjukkan waktu makan siang. Di acara Creative Travel Writing ini kita makan tumpeng bersama-sama. Jadi makin terasa deh kebersamaannya.  Tumpeng ini dipersembahkan oleh Royal Tumpeng.



Cukup menarik sajian tumpengnya. Di hias dengan berbagai macam lauh. Selain itu yang paling buat saya lega nasi kuningnya tidak keras. Karena kebanyakan Nasi Tumpeng saat sudah lama dihidangkan dan tidak dipanaskan akan keras nasinya. Good Job Royal Tumpeng. Bisa jadi pilihan pesen tumpeng untuk acara  nih Royal Tumpeng.

Untuk rasa Royal Tumpengnya gimana? hmm ngga perlu diragukan lagi karena lenyap dalam sekejap. Lauhnya lengkap dan rasanya juga sedap.




SEWA WIFI JAVA MIFI 


 




Di acara Creative Travel Writing ini juga ada Java Mifi. Sebagai teman wifi selama perjalana traveling , Java Mifi ini bisa jadi pilihan kalian untuk sewa Wifi di luar negeri. Wifi rental dari Java Mifi ini bisa jadi pilihan rental wifi yang oke saat kalian traveling. Pastinya punya koneksi sinyal yang oke dan harga sewa Wifi yang terjangkau.



Saya pribadi selalu sewa wifi di luar negri akan bisa updste kehidupan perjalanan saya, dan tetap keep in touch denganorang tua di tanah air. Keberadaan Wifi Rental penting banget untuk saya. Dari mulai ke Hongkong, Jepang bahkan ke Maldives saya selalu melakukan wifi rental. Terutama waktu di Maldives karena Sim Card disana sinyalnya tidak terlalu baik dengan kondisi pulau di tengah laut. Jadilah WIFI Rental ini jadi pilihan saya. 




Di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta kalian juga bisa menemukan wifi rental JAVA MIFI. Disana kalian bisa Tanya lengkap dengan petugasnya.  Jadi tidak perlu worry lagi untuk pengambilan atau pengembalian wifi rental JAVA MIFI ini.  Kalau kalian lagi mau traveling dan ingin coba JAVA MIFI saya punya kode diskonnya untuk kalian . Tinggal tulis Budiartiannisa10 pada kode diskon. Langsung bisa nikmatin JAVA MIFI tanpa henti selama perjalanan.



Last but not least saya mau ucapin terima kasih kepada komunitas ISB yang udah ajakin saya ikut Creative Travel Writing bersama Mba Dini Fitria. Jadi semakin semangat untuk buat artikel dengan rasa yang nyata. 


GOOD STORIES FLOW LIKE HONEY
BAD STORIES STICK IN THE CRAW.
BAD STORIES???
IS THE ONE THAT 
CANNOT BE 
ABSORBED
ON THE 'FIRST TIME ' OF READING.  
                    - Arthur Christiansen



Love Annisa

Komentar

  1. Sebuah rasa pada tulisan...yg akan membuat kita ikut merasakan apa yg dirasakan oleh penulisnya, begitu juga soal masakan, pasti chefnya juga merasakan apa yg dimasak, dan juga membayangkan bagaimana yg menyantapnya, usia berapa,makanan apa yg cocok diusianya,jadi tdk hanya sekedar merasakan enak dilidah saja, mksh infonya kak

    BalasHapus
  2. bebeb ajak2 akyu dong kalau ada event gini wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Senang ya kalau bepergian trus dituangkan ke dalam tulisan apalagi pakai rasa jadi membawa pembaca seolah-olah ada di sana. Untuk updatetan jd kagak khawatir lg klo ada Java Wifi

    BalasHapus
  4. Iya nulis juga perlu rasa ya, biar pembaca bisa paham dan ikut terjatuh dalam mood ditulisan 😁

    BalasHapus
  5. Senangna mba bsa ikutan acara bagus seperti ini. Ya memberi rasa pada tulisan kita itu penting agar pembaca bisa menikmati hasil tulisan kita dan bisa merasakan seolah-olah berada didallamnya.

    BalasHapus
  6. ilmu baru nih, btw emang kalo nulis ga pake rasa tuh susah juga si beb, kalo aku pasti ga bakal ada yg ketulisa dah jadinyaa

    BalasHapus
  7. Paling enak memang menuliskan pengalaman probadi. Lebih mudah bagi saya menuangkan rasa di tulisan kalau berdasarkan cerita pribadi

    BalasHapus
  8. Bukan sekedar menulis, harus enak dibaca juga ya, biar yang baca akan semakin penasaran

    BalasHapus
  9. Tul, nulis juga perlu pake bumbu biar greget dan ga garing krenyes2 yak wkwkwk

    BalasHapus
  10. beb itu tumpeng dan jepit jennienya mengalihkan fokus ih hahahah
    jam segini liat tumpeng kujadi auto laper :D

    BalasHapus
  11. Rasa yang tepat akan menunjukkan roh tulisan itu sendiri.

    BalasHapus
  12. Menulis memang harus dengan hati agar pesannya bisa tersampaikan dengan sempurna buat para pembacanya😍

    BalasHapus
  13. Duh seru banget ya acara nya.. aku baruntau bisa sewa mifi di terminal bandara beb.. bisa dicoba kapan kapan.

    BalasHapus
  14. Setuju Mbak. Menulis sangat perlu melibatkan hati dan rasa, agar apa yang ingin kita sampaikan dapat juga dirasakan oleh pembacanya

    BalasHapus
  15. wah menarik banget acaranya yah, berkualitas dan bermanfaat untuk para blogger

    BalasHapus
  16. Wah bermanfaat banget acaranya, Bisa untuk blogger pemula kayak akuu.. Nah wifi itu aku baru tahuihih

    BalasHapus
  17. seru sekali acaranya dan tumpengnya bikin laper ehee

    BalasHapus
  18. Aku juga kalo lagi travel ke luar negeri selalu sewa wifi

    BalasHapus
  19. Acaranya seru banget yah..menulis dengan ras tuh harus yah biar yang baca juga enak dan hanyut dalam tulisan kita

    BalasHapus
  20. Wiiiwwww asyiikk... lumayan nih ada kode diskon dari kak icha 😍

    BalasHapus
  21. Event nya menarik banget kak, plus dapat banyak insight baru pula. Jadi pengen ikutan kalau ada event kayak gini next time

    BalasHapus
  22. Aku ga bisa ikut acaranya kemarin hiks, cuman baca baca seru juga yaa dan berfaedah sekali :)

    BalasHapus
  23. Pernah ikutan kelas menulis dan memang penggambaran dari panca indera yg kita rasa itu bisa mengawali tulisan jadi lebih indah jihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLP BEAUTY FACE POWDER REVIEW

ROSE' ALL DAY THE REALEST LIGHTWEIGHT FOUNDATION REVIEW