MINUM JAMU KEKINIAN DI ACARAKI KOTA TUA

Ngumpul di Cafe sambil minum kopi udah biasa banget. Tapi gimana  kalau ngumpulnya sambil minum JAMU? pastinya belum pernah cobain kan? belum lagi tempat nongkrongnya instagramable. Intip ACARAKI yuk di jamin kalian akan ketagihan ngafe di ACARAKI. Sebentar lagi bahasa 'ngopi-ngopi cantik 'bisa jadi 'jamu-jamu cantik' niih.

 

BUDIARTIANNISA-REVIEW ACARAKI

Apa yang melintas di kepala saat pertama kali mendengar kata "JAMU" ? pahit, obat atau ngga enak rasanya? Saya sendiri peminum rutin jamur Kunyit Asam karena sudah terbiasa dibuatkan di rumah. Namun untuk meminum jamu di luar rumah hampir tidak pernah.

Masyarakat Indonesia sudah mengenal jamu dari semasa zaman Kerajaan Mataram. Selain sebagai obat untuk pemyembuh penyakit jamu juga digunakan sebagai vitamin agar tubuh kuat dan tidak mudah sakit. Terutama sebelum masuknya ilmu kedokteran. Diperkirakan tradisi meminum jamu di Indonesia sudah ada sejak tahun 1300.

Kerajaan Majapahit sendiri menjadikan JAMU sebagai minuman istana. Ada 8 jenis Jamu yang  disajikan. Kenapa 8 jenis? karena 8 menggambarkan arah mata angin, sekaligus juga lambang surya Majapahit.  8 Jenis Jamu tersebut dinamakan WILWATIKTA. Berikut yang termasuk dalam WILWATIKTA :
1. KUNYIT ASAM
2. BERAS KENCUR
3. CABE PUYANG
4. PAHITAN
5. KUNCI SURUH
6. UYUP-UYUP / GEPYOKAN
7. SINOM

Saat ini Cafe ACARAKI ini ingin mengembalikan tradisi jamu di Indonesia dengan caranya sendiri. Image jamu dan mbok jamunya terhapuskan sudah dan sekarang ACARAKI will take JAMU to the next level!!!


BUDIARTIANNISA- LOKASI ACARAKI

ACARAKI

Tetap mengusung tempat nongkrong kekinian yang cantik nan instagramable, ACARAKI punya sajian yang berbeda dengan Cafe lainnya. ACARAKI ingin mengajak anak mudanya untuk mengenal JAMU. Karena Jamu adalah minuman Khas Indonesia yang patut banget dibudayakan.

JAMU". Kalau pembuat kopi dinamakan BARISTA sedangkan pembuat jamu di sebut dengan ACARAKI. Itulah mengapa cafe cantik ini dinamai dengan ACARAKI. Nama ACARAKI berasal dari bahasa Sansekerta.

ACARAKI menerapkan WILAWATIKTA seperti di kerajaan Majapahit dulu. Namun sampai saat ini baru Beras Kencur dan Kunyit asam yang diterapkan. Saat ini Acaraki memiliki menu Beras Kencur dan Kunyit Asam , baik yang Tradisional maupun yang Fusion. Pastinya sudah di takar racikannya oleh sang acaraki.

Jamu yang disediakan di ACARAKI ini memiliki pembuatan yang diproses mirip dengan pembuatan Kopi. Karena cara penyajian jamu yang berbeda dari yang lain, ACARAKI memiliki tag line "NEW WAVE JAMU".

Dilihat dari varian menunya ACARAKI mengembangkan dari jamu kunyit asam dan beras kencur. Berikut jenis jamu yang bisa kalian cicipi di ACARAKI.

BUDIARTIANNISA-ACARAKI MENU

BUDIARTIANNISA-MENU ACARAKI


JAMU ALA KOPI

BUDIARTIANNISA-SUASANA ACARAKI

 

Acaraki punya cara yang unik untuk membuat jamunya. Bagi kalian yang sering melihat bartender saat mengolah kopi. Itulah yang dilakukan Acaraki dalam mengolah jamunya. Jadi jamunya dibuat secara kekinian. Ada yang proses pembuatannya  di press, roasting, grinder , kemudian bahan untuk jamunya juga di brewing seperti yang dilakukan saat membuat kopi.

Saya sendiri awalnya membayangkan pembuatan jamu di Acaraki ini tradisional seperti layaknya jamu di mbok jamu. Ternyata saya terkesima saat mengetahui proses pembuatannya sama dengan pembuatan kopi.

BUDIARTIANNISA-ACARAKI JAMU

Untuk suhu saat menyeduh bahan-bahan dari jamu ini juga sudah ada standarisasi suhunya. Ada bahan-bahan  yang harus di panaskan di suhu tertentu. Kemudian ada juga beberapa bahan yang lebih baik dibiarkan di suhu udara atau dingin. Proses pembuatan jamu ini memaksimalkan khasiat dari jamu itu sendiri.

BUDIARTIANNISA-ACARAKI JAMU



Saya punya  jamu favorit disini yaitu SARANTI. Rasanya bagai love at first sight, jadi beras kencur yang terasa seperti susu. Bahan dasarnya adalah Beras Kencur, Creamer dan susu kental manis. Kalian harus cobain Saranti saat datang ke ACARAKI. Untuk Saranti ini bisa disajikan hangat ataupun dingin. Untuk rasanya mau dingin ataupun hangat Saranti ini sama nikmatnya.


BUDIARTIANNISA-ACARAKI JAMU
Jamu 'Berkesan' yang merupakan menu baru.

BUDIARTIANNISA-ACARAKI JAMU
SARANTI favorit jamu in the house.



Lucunya lagi ada juga menu jamu yang dicampur dengan soda. Namanya adalah Golden Sparkling, yang merupakan kunyit asam dicampur dengan gula dan soda. Rasanya seger banget kalian harus coba ini karena berbeda dengan kunyit asam yang biasa kita minum.  

Kebetulan saat saya datang ada menu baru yang namanya 'Berkesan', iya namanya Jamu berkesan. Dari namanya saja sudah unik. Berkesan ini adalah perpaduan beras kencur,pandan, santen dan gula aren. Namun rasanya lebih dominan di gula arennya. Kalau dilihat penampakannya seperti cappucino begini, siapa sangka kalau ini adalah jamu. hmm... jadi ketagihan nyoba menu lain di ACARAKI nih.


 ACARAKI 'THE HIDDEN GEM'

 
BUDIARTIANNISA-ACARAKI JAMU

Berlokasi di Fatahillah Square gedung Kerta Niaga. Siapa bakal sangka di dalam gedung tua ini akan ada tempat secantik acaraki. Rasanya seperti berada di Grand Bazaar Istanbul versi modern. Dengan bangunan batu bata putih, serta berbagai pajangan barang vintage di dalamnya. Suasana di ACARAKI ini sangat nyaman untuk hang out dan juga OOTD pastinya.

Saya yakin kalian ngga akan menyangka ada tempat secantik ACARAKI di kota tua ini. Jadi mau merasakan sensasi hang out yang berbeda baik suasana dan minumannya, yes kalian wajib kunjungi ACARAKI.

Sebelum post ini berakhir I wanna give ACARAKI 4 THUMBS UP!!! Hebat banget untuk ide membawa Jamu to the next level. Diantara kedai kopi yang terus menjamur ada 1 kedai jamu yang kekinian banget, well done ACARAKI. Siapa lagi yang mau meneruskan budaya Indonesia ini kalau bukan kita sendiri.  Jadi kepikiran ngga sih mau melestarikan kebudayaan-kebudayaan di Indonesia ini.??? Yuk kita jaga warisan budaya Indonesia.


BUDIARTIANNISA-ACARAKI JAMU

Instagram: @acaraki.jamu
Alamat: Gedung Kerta Niaga 3 Kota Tua.
Website: ACARAKI


 A NATIONS CULTURE RESIDE
IN THE HEART
AND IN THE SOUL
OF IT'S 
PEOPLE

Love, Annisa


 






Komentar

  1. Ngumpul sambil minum jamu, baru kali ini aku denger, beb. Wkwkwk
    Tapi menarik banget, loh. Kita bisa mengkonsumsi minuman sehat. Harganya juga lumayan ya beb. Aduh, kepengen juga deh nyoba ke sana.

    BalasHapus
  2. duh menarik banget nih acaraki, jarang2 ada yang buka bisnis jamu dengan penyajian kekinian, kalau udah dimodif tentu rasanya jadi lebih nikmat, kalau aku bayang2in nih itu yang beras kencur pasti nikmat banget :*

    BalasHapus
  3. wah unik banget ini :) minum jamu di cafe kayaknya belum pernah ya aku lihat, tapi sayangnya ku ga suka jamu hahahaa soalnya pahit :(

    BalasHapus
  4. waaah menu list nya unik banget ya beb, btw bagus tempatnya nih, lumayan instagramable yaa, menu nya juga bikin penasaraaan <3

    BalasHapus
  5. Tempatnya bagus Instagramable banget, pasti banyak yg dateng bukan cuma buat cobain menu jamu nya aja tp juga buat photo² nih. Pengen kesana huhuhuu

    BalasHapus
  6. Namanya tempatnya menarik, "Acaraki", semenarik konsep yang dibuat. Jamu ala kopi. Aku pecinta jamu dan kopi. Jadi sepertinya cocok buat diicip nih

    BalasHapus
  7. Waaah ini tempat nya instagramable banget ya buat foto ootd hehe.. terus menu nya juga unik banget.. jamu dan kopi seperti nya perpaduan yg oke..

    BalasHapus
  8. tempatnya boleh juga ya beb, tapi aku ragu bakal suka sama minunmannya, karna takut ga doyaaan , aku doyan jamu cuma beras kencur doang kayanya hehe

    BalasHapus
  9. Aku baru tau pembuat kamu disebutnya acaraki. Unik ya, konsep jamu yang tradisional dikemas ke konsep kekinian. Harganya juga terjangkau banget ya

    BalasHapus
  10. Lucuu ih acara gathering kek gini tp minumannya jamu.
    Aku juga suka minum jamu :)

    BalasHapus
  11. Unik banget nih kak tempatnya ya hehe cafe dengan menu jamu ya. Wah pengen coba deh sesekalu kesana jadinya kak

    BalasHapus
  12. Tempatnya menarik yah beb, cuma kok aku salfok sama bentuk menunya, anti mainstream gitu. Baru kali ini tahu tempat minum jamu yang kece badai. Haha.. jaman milenials apa sih ya yang nggak dijadiin lahan inovasi usaha..haha

    BalasHapus
  13. Wah keren ya Eny baru tau tentang sebutan acaraki itu . Tapi Eny gk bisa minum jamu ada gk ya kamu yg gak pait hiks

    Enychan

    BalasHapus
  14. Aku baru tau ada cafe beginian, seru kayaknya yah mbak. Sambil kumpul cantik sambil minum yg buat sehat. Pengen cobain besok kalo ke kota tua. Penasaran aku

    BalasHapus
  15. duuuupagipagi baca ini langsung mau ke tempat kopi. btw aku pecinta kopi hehe thankyouu kak saran dan review temoatnyA

    BalasHapus
  16. Inget banget waktu itu pas ke kota tua, ini msh dalam tahap proses dibangun. Sekarang udah jadi ya, mauuuu ke sanaaa,

    BalasHapus
  17. Aku jadi pengen mampir juga ke cafe ini sepertinya ngopi di sini enak juga ya harganya affordable juga

    BalasHapus
  18. Asli sih ini instagramable banget terus juga unik gini ya sajiannya. Walau instagramable dia ini tetap yg elegan gitu. Suka.

    BalasHapus
  19. Unik banget, jadi pengen kesana duhhh😍

    ZEPOS

    BalasHapus
  20. akusih gasuka jamu, tapi keknya tempatnya enak buat nongki

    BalasHapus
  21. Tempatnya hitz banget buat anak-anak muda yang suka hunting foto buat Instagram.. menunya juga minuman sehat ✨

    Beby

    BalasHapus
  22. Tempatnya elegant, instagramable buat hunting foto cocok bgt!!

    Gėminnie

    BalasHapus
  23. inovasi baru yg kreatif banget, aku salut 🙏
    melestarikan jamu dan jg menyesuaikannya dengan perubahan jaman.
    nice info, good job kak!

    ( carlise )

    BalasHapus
  24. Unik sih ini , menarik , kayanya seru nongkrong disana sambil poto Poto😂

    Pasta rosiyah

    BalasHapus
  25. Gemes banget ada jamu kekinian di kota kota. Kreatif banget itu yg bikinnya. Kapan lagi gitu nemu hal ginian di kota, duh suka deh😍

    Xaluna Vey

    BalasHapus
  26. Ini baru generasi cinta indonesia 😄

    Sun Bramasta

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLP BEAUTY FACE POWDER REVIEW

BAHAGIA DAN SEHAT BERSAMA VITACIMIN