Male Ibu Kota Surga Dunia

Ibu kota dari Maldives ini adalah kota kecil yang dipenuhi dengan bangunan dengan tinggi yang dibatasi. Tidak ada pencakar langit disini, hanya ada 1 gedung pencakar langit yang sedang di bangun. Karena kotanya sangat kecil dan jalanannya juga cukup sempit, paling ideal memutari kota Male ini adalah dengan berjalan kaki. Sekalian olahraga dan pastinya jiwa travelersnya lebih terasa disini. Sooo ini adalah yang saya lakukan di hari pertama.. Exploring Male !!


Pesawat saya mendarat di Maldives sekitar jam 10:30 malam di hari Kamis. Karena itulah saya dan suami harus menginap di pulau Hulhule karena daratannya nyambung dengan Airport Velana. Untuk menyebrang ke Ibu Kota Male ini sudah terlalu larut malam. Karena itulah keesokan paginya kami memulai exploring kota Male. Karena tidak lengkap doooong kalau tidak mengunjungi Ibu Kota dari Surga Dunia ini. Saya menuju pulau Male menggunakan ferry seperti yang ada dibelakang saya di foto pertama ini.

Tiket Ferry dibeli di counter yang terletak di paling depan Bandara Velana yang bersebrangan langsung dengan dermaga Ferry terminal. Berikut Ticket dan Counternya.





FIRST STOP - GRAND FRIDAY MOSQUE

Tempat pertama yang saya tuju di Male adalah the famous GRAND FRIDAY MOSQUE. Sebelum saya googling tentang Maldives saya berpikir suasana Maldives ini kurang lebih seperti Bali, tetapi ternyata saya salah. Dikarenakan mayoritas penduduknya Muslim dan masih memegang adat yang kuat, para warganya bertindak selayaknya warga muslim yang taat. Jadi jangan kaget dengan suara adzan yang berkumandang dimana-mana seperti di Indonesia ini. Kemudian para warganya juga langsung menuju masjid terdekat untuk menunaikan  ibadah sholat. Kalau dilihat-lihat seperti di Arab seperti yang saya lihat waktu saya umrah.

Add caption


Kembali ke jalan-jalan di Male, Grand Friday Mosque yang jadi tempat tujuan utama saya ini adalah Masjid yang sangat besar, dengan warna putih dan design yang megah. Jujur saya tidak menyangka secantik dan sebersih ini Grand Friday Mosque Di Male. Lihat deh betapa megah dan cantiknya plus kece untuk spot masuk Instagram kan??? Saking bersihnya lantainya bisa buat ngaca , yang membuat saya  amaze adalah orang yang berjalan disini banyak tapi itu ngga membuat Grand Friday Mosque ini menjadi kotor.

Selain untuk tempat beribadah, Grand Friday Mosque ini merupakan islamic center bagi para warga di Maldives. Saat sampai di  Grand Mosque sepertinya sedang di adakan acara besar karena banyak kursi-kursi di susun beserta dengan tenda. Rupanya bukan hanya sebagai masjid dan Islamic Centre saja, Grand Friday Mosque juga tempat diadakannnya acara-acara besar di kota Male. Selain itu Grand Friday Mosque juga tempat meeting point para warga untuk berkumpul. Di Depan Grand Friday Mosque terdapat November 3 Memorial.


NOVEMBER 3 MEMORIAL & SHAHEED HUSSAIN ADAM BUILDING


November 3 memorial dibuat sangat cantik dan sederhana. Berupa bendera maldives dengan tembok putih yang mengitari sekitarnya. November 3 memorial ini dibuat untuk memperingati serangan teroris di tahun 1988. Sebagai bukti bahwa teroris membuat negara ni tetap bersatu dan bekerjasama untuk memerangi kejahatan teroris.




Disamping Grand Friday Mosque ada taman yang dipenuhi dengan burung merpati, di dekat taman tersebut ada bendera Maldives berkibar yaitu di depan gedung Shaheedh Hussain Adam Building. Karena kebetulan ini adalah hari JUMAT yang berarti hari libur akhir pekan  (selayaknya negara Islam yang lain weekend di Maldives adalah hari Jumat dan Sabtu), maka banyak warga yang bersantai di taman depan gedung Shaheedh Hussain Adam Building.



Saat tiba sore hari menuju datangnya sunset saya dan suamipun langsung mencari spot terbaik untuk menangkap sunset. Berdasarkan orang-orang sekitar yang kita tanya, mereka merekomendasikan kita untuk menuju ke arah RASFANNU BEACH. Rasfannu beach terletak di arah yang berbeda dengan Grand Friday Mosque. Sempat terpikir untuk menggunakan taksi, tapi entah kenapa tidak ada taksi yang mau untuk mengantar. Jadi mengandalkan Google Map  kami berjalan kaki santai menuju Rasfannu beach. Ternyata jaraknya tidak begitu jauh, namun lumayan juga untuk sambil berolahraga sore.


RASFANNU BEACH




Sesampainya di RASFANNU BEACH para pengunjung sudah bersiap-siap menanti indahnya sunset. Rasfannu Beach ini di buat seperti pantai keluarga. Sebagaimana tradisi muslim di maldives, tidak semua pantai diperbolehkan untuk menggunakan baju renang dan bikini. Hanya di pantai khusus bikini dan di resort saja. Nahhh karena Rasfannu beach ini adalah pantai umum jadi para pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan bikini.

Rasfannu Beach memiliki bagian pantai yang dipisahkan oleh batu, untuk para warganya berenang atau bermain air. Kebanyakan anak-anak kecil berenang selayaknya swimming pool di area ini. Di pinggir pantai ini terdapat Cafe Gloria Jeans yang berbentuk rumah pantai yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 lantai. Cafe Gloria Jeans ini menjadi pilihan saya dan suami untuk menangkap Sunset. Dari sini terlihat laut Maldives yang luas beserta beberapa kapal yang berlalu. Susah di ungkapkan keindahannya, jadi intip fotonya aja yuukk.











Untuk explore Male ini sehari saja sudah memuaskan, percaya deh karena kotanya sangat kecil dan ramah pejalan kaki. Pastinya kalian akan puas memutarinya seharian. Apabila penasaran dengan sejarahnya lebih dalam. Tersedia juga walking tour, walking tour adalah jalan-jalan di kota Male dengan tour guide. Sepertinya orang lokal memang jarang menggunakan mobil kecuali untuk membawa barang banyak. Kebanyakan berjalan kaki atau menggunakan motor.

Sekian jalan-jalan Day 1 saya di Ibu Kota Maldives ini. Selanjutnya di mulai perjalanan saya untuk menuju pulau berikutnya di Maldives.  Jadi stay tuned terus di Blog karena bakal lanjut terus pengalaman perjalanan saya di Sura Dunia ini.  By the way saya juga bakal bahas mengenai "Serba Serbi Maldives sebelum kalian pergi kesini". Interest????? yaaah I know pertanyaan-pertanyaan DM selama di Maldives yang menjadi inspirasi saya untuk membuat artikel-artikel ini. Thank you So Muchhhhh!!!!


KEEP EXPLORING
KEEP DREAMING KEEP ASKING WHY.
DON'T SETTLE FOR WHAT YOU ALREADY KNOW.
NEVER STOP BELIEVING IN THE POWER OF YOUR IDEAS, YOUR IMAGINATION, YOUR HARD WORK TO CHANGE THE WORLD. 
- Barrack Obama





Love,
Annisa

Komentar

  1. belum bisa jalan jalan langsung, alhamdulillah bisa jalan jalan mata lewat blognya icha xD

    BalasHapus
  2. Itu 2x lipat dari bali yaa..
    Lihat bali aja udah bikin mata cerah, apalagi ke maldives..
    Go update terus yaa, lumayan kan bisa bikin oranv lain tersenyum..

    ( γƒ₯γƒΌ )

    BalasHapus
  3. Maldives? aku pikir engga ada mesjid sebangus dan seindah itu selain dimadinah, subhanallah :') jadi pengen ke sana. Bersyukur banget dapet informasi soal travelling ke luar negeri karna dasarnya aku mah takut pergi jauh" tapi seneng liat orang travelling karena dengan liatnya aja udh alhamdulillah. ☺ jadi tau ohh Maldives tuh kerennn ya mesjid nya juga indah.. 😲

    Livy

    BalasHapus
  4. Bali versi halal kalau aku bilang.

    Karna selain keindahan pemandangan, bagi muslim juga bisa menjaga pandangan mata dari hal hal yg tdk baik. (Bikini)


    Rasanya ingin tinggal disana, jauh dari gedung gedung tinggi yg ada di jkt.

    Menikmati langit dan pantai bersamaan.
    Membayangkan saja sudah bikin melayang layang.
    Bagaimana jika sudah disana ><


    Jinssul choe

    BalasHapus
  5. Jadi pengen kesana juga
    Apalagi explore kota dengan jalan kaki
    Di indo mah buru-buru jalan kaki, trotoar aja di buat parkir motor :v
    Semoga kapan-kapan bisa liat langsung deh, tempat-tempat yang ada di foto kakak^^

    Difya

    BalasHapus
  6. Pertama kali denger kata Maldives aku mikirnya mungkin bakal ke arah pantai, sunset, dll. Tapi kakak ngga, kakak ngasih info lain soal masjid, dan budaya yang ada disana. Aku malah baru tau kalau maldives tuh mayoritas muslim, kirain maldives sejenis kyak hawai πŸ˜‚

    Kalau honeymoon kesana enak kyaknya, soalnya yg laki ga bakal bisa cuci mata ke cewek lain pas lgi di pantai .lol:v

    Btw pingin ke pantai nya aaaa:(
    Itu ada kyak pagar batu nya, jdi aman ga bakal keseret misal ada ombak πŸ™„
    Apalagi bagi orang yg ga bisa berenang dan cuma mainin air doang di pinggiran kyak saya:')
    Kalau ada batu nya gitu kn ga terlalu takut misal masuk ke air

    - Lee Hallark

    BalasHapus
  7. Beb, foto2nya bikin mupeng beb, terutama pantai2anya itu loh, bagus banget

    BalasHapus
  8. Wooooo maladewa😍😍
    Ya allah semoga aku juga bisa kesana bareng suami;; amiiin
    Bnyak yg bilang kalau liburan kesana tu mahal karena harganya yang fantastis.tapii nggak bener kok*-* malah ada bbrapa resort yg nyediain promo❤
    Kta nya ada waktu terbaik buat nyambangin Maladewa di musim panas, antara November hingga April. Tapi nggak nutup kemungkinan kalo mau September, sebelum masuk high season wisatawan. Di saat ini, selain disinari matahari, angin yang berhembus membuat betah jd kayak bkin lupa kmpung halaman xDdd Mata akan dimanjakan pandangan yang dikelilingi oleh pantai biru, atau laut yang setenang cermin. Hmmmm ingin ku teriak ingin ku menagos saja😭😭😭
    yorobun lempar aku kesana dongπŸ˜₯ w rela sleeping byuti on masjid πŸŽ€πŸŽ€ #Prayforme
    Tapi Sebelum melangkah masukin negara yang mayoritas penduduk nya muslim ini, ada baiknya ketahui juga bahwa ada aturan ketat bagi penduduk setempat, termasuk aturan berbikini yang tidak bisa di sembarang pantai publik.😍😍neomu likey biar mata tidak ternodai xD
    Aaaaaaa aku jungkir2 sendiri ngebayangin jalan² disana :") sungguh indah sambil nyanyi lagu India 🎢🎢🎢🎢🎢ahhh sedap *---*
    semoga bisa kesana amiiiiiin


    _Goddesşexy

    BalasHapus
  9. gua gatau mau komen apa intinya pemandangannya bagus banget njiirrrr
    itu pantainya sumpah dah..

    btw btw itu bersih banget jalanannya hm
    ntar kalo udah jadi orang sukses mau kesana, tapi ke london duluπŸ˜‚

    #alvin

    BalasHapus
  10. bdw lagi, ternyata udah nikah? kirain belum, mukanya masoh sepantaran anak kuliahan sih XD

    #alvin

    BalasHapus
  11. gemes banget sama kak icha huhuuu
    baca blognya jadi pengen jalan2 juga kesana, pengen mantaiii aaaa

    Ivonne Mrytle

    BalasHapus
  12. Ini tempat liburan impian bahkan jika nikah nanti mau bulan madu kesana πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ 😍😍😍😍❤️indah banget. Semoga aku bisa segera kesana hehehhehehe


    Ana Del Lyon

    BalasHapus
  13. Keren pemandangannya, jadi pengen kesana apalagi liat pantainya duhh

    Desha evader

    BalasHapus
  14. Pemandangan nya indah,semoga bisa juga ke sana.
    Sale'accountRP

    BalasHapus
  15. dimanjakan sekali sama viewnya. masjid dan tempat memorialnya duh.. etestik beud haha favorit view sore hari, ajib deh.
    nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan, semoga saya bisa ke sana yaa... someday hehe

    Quevely

    BalasHapus
  16. Oh ini lanjutan jalan jalan maldives yang kemaren yak xD
    Oh iya aku baru inget maladewa itu pulau kecil banget ya
    Lebih luas jakarta kemana mana wkwk
    Salut sama kebersihannya
    Masjidnya bersih bangettt
    Gak ada nyempil satupun sampah
    Berkat postingan ini aku jadi tau kalo maldives mayoritasnya muslim
    Aku kira hindu ._.
    Thanks fyiπŸ’•

    Sun Bramasta

    BalasHapus
  17. Wah keren kak
    Aku baru tau ternyata maldives itu mayoritas muslim yah
    Adu jadi pengen ke maldives
    Jalan nya bersih bgt yah
    Wah keren jadi ada aturan yah klo mau pke bikini atau baju renang gk bileh asal dipantai itu
    Wah pasti asik yah kak
    kak lain kali ajak aku yah klo mau jalan2 ><

    -Naysila-


    BalasHapus
  18. Aku tau maldives itu tentang laut sama pantainya aja ternyata ada tempat" bagus jugaaaa
    aaaa ngiler pengen kesana juga
    semoga kesampaian yaaa hihi


    Ivory

    BalasHapus
  19. Sebuah kota kecil yang indah dan bagi muslim sangat menjadi idaman karna berlibur tanpa takut jauh dari masjid itu sudah sangat menyenangkan makanannya juga sudah pasti terjamin kehalalannya. Pemandangannya indah bgt ini mah lebih dari bali saya pikir. Indah sekalii
    Semiga saya punya rejeki untuk kesana XD aamiin

    Adnan do

    BalasHapus
  20. Ya ampun...
    Cantik bangeeeeeeet...
    Kelihatan bersih banget deh kotanya.
    Terharu waktu katanya adzan banyak berkumandang di sana. πŸ’•πŸ’•πŸ’•
    Wow... kagum banget...

    Dan kayaknya tempatnya ini aesthetic banget ya buat foto-foto...

    (Nayira Al)

    BalasHapus
  21. Ingin ku jalan" ke maldive bareng keluarga,mereka ramah buat pejalan kaki(itung" hemat ongkos naik bus wisata dll) dan dsana kbnyakan beragama islam jadi pen rasain ramadhan di sana dan jalan" sama temen ke Rasfannu beach
    Indah banget ❤❤❤

    -Jully angwen-

    BalasHapus
  22. Bisa jadi refrensi buat bulan madu kayanya 😍😍
    Thanks kak udah ajakin jalan" lewat blog nya 😘

    -nora phillip

    BalasHapus
  23. Banyak orang bermimpi bisa berlibur kesana apalagi yang pengen berbulan madu. Dan aku baru tau kalau Maldives itu mayoritas muslim jadi malah dapet nilai + kita orang muslim berlibur kesana ngga takut makananya terus ngga takut susah nyari masjid. Rekomendasi banget kalau infonya

    ICHAK

    BalasHapus
  24. Aku baru tau kalo di Maldives itu negara muslim ... Aku cuma baru tau kalo di Maldives itu banyak panti yang indah ... Jadi nambah Wishlist buat di kunjungi semoga bisa kesana

    #Wendyluv

    BalasHapus
  25. Demi apa ihh tambah pengen buat kesanaa huhu semoga nanti aku bisa pergi kesana deh
    Excited !!!

    Sarang

    BalasHapus
  26. Wah ternyata maldives sangat muslim friendly sekali yaa duh jadi pengen deh ngerasain ke sana , kak icha agak keliatan gemukan di sini .
    Kak icha lagi bahagia ya ? Wah seneng deh kalau liat kak icha bahagia

    Claudie

    BalasHapus
  27. Subhanallah ♡. Mau kesitu rasanya semoga punya rejeki dan kesempatan buat kesitu. Cocok buat melepas penat. Takjub aku


    Cubongie jej

    BalasHapus
  28. Astagaaa indahnyaaa:') ga nyangka itu masjidnya uwuuu skali. Kapan2 ajak aku dongf eheee. G




    Shafura

    BalasHapus
  29. MasyaaAllah😍
    pingin jugaaa kesana, semogaa bisa jugaadey!;πŸ˜…πŸ™
    dan semoga kakak jugaaa bisa sukses teruss, bisa berbagi samaa kita, ajakin kita jalan² lewat blog kakak(?)~πŸ˜‰
    btw baru tauu dari blog kakak kalauu disanaa mayoritas muslim(?);

    BalasHapus
  30. Seru kayanya ya, banyak spot buat hunting foto, apalagi pantainya bersih gitu 😍

    Beby

    BalasHapus
  31. surganya duniaaaa uuuuu maldives, impian banget pergi kesanaAa. dan gue bahkan baru tau kalo di maldives ada kota seperti male yg bahkan penduduknya mayoritas muslim. wooow. nice info banget kak icha.
    tetep semangat nulis yaa❤️

    ?? (K-Awesomi)

    BalasHapus
  32. Enak juga kali ya kalo kota ngga ada pencakar langitnya. Btw waduu kak jalan jalannya gud juga πŸ˜‚

    (Nona Frieska)

    BalasHapus
  33. Masya Allah.
    Membaca kemudian menilik foto-foto jepretan kakak di Male ini membuat saya sangat terharu. Entah kenapa rasanya berayukur sekali ada Negara seindah, seramah dan bermoral seperti Maldives. Review kakak mematahkan skeptis orang-orang bahwa negara wisata itu glamour, kebarat-baratan, kehilangan adat istiadat asli dan kesopanan. Ternyata masih ada negara dengan keindahan yang luar biasa namun tetap menjunjung tinggi norma. Kota bersih, masjid megah dijadikan pusat peradaban di kota Male. Patut dicontoh untuk pariwisata kita ke depan. Jangan hanya untuk menarik wisatawan hingga lupa adat istiadat sendiri.
    Semoga suatu hari saya bisa menyusul kak Annisa untuk bisa mengunjungi Kota Male dan Negara Maldives. Semoga bisa pula mengasah rasa syukur dengan sembahyang di Grand Friday Mosque. Aamiin
    Tetimakasih sharing pengalamannya. Memotivasi saya untuk mengunjunginya pula.

    _Chrissy

    BalasHapus
  34. first time i saw maldives is on rachel vennya’s vlog and yess kaka bener emg beautifull bgt parahπŸ˜­πŸ˜­πŸ’– apalagi suasana kotanya adem banget keknya ya kak lautannya jg biru banget tuh jadi pengen kesaanaa huhuπŸ’–

    -쓰응

    BalasHapus
  35. ini satu dari banyaknya tempat yang pengen aku kunjungin tapi bener bener harus nabung banget huhu

    acheella

    BalasHapus
  36. So beautiful 😍
    Semoga nanti aku bisa kesini sama prang tersayang ehehe

    Rochelle

    BalasHapus
  37. Ga heran kenapa disebut surga dunia sih.... mupeng liat sunsetnya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Nia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLP BEAUTY FACE POWDER REVIEW

ROSE' ALL DAY THE REALEST LIGHTWEIGHT FOUNDATION REVIEW